Cara mengatasi sifat malas dan sering menunda-nuda pekerjaan
Sering banget ngga sih? pas kamu mau ngerjain suatu pekerjaan nih ataupun punya suatu tujuan yang ingin dicapai, tapi rasanya tuh berat banget untuk mulai ngelakuinnya.
Padahal nih kamu udah janji pada diri sendiri untuk mulai hari ini misalnya tapi setelah dipikir-pikir mending dilakuin besok ajadeh, dan besoknya malah bilang ah lusa ajadeh dan pas lusanya kamu bilang lagi nanti awal bulan ajadeh. dan sampai pada akhirnya pekerjaan itupun ngga kamu kerjain sama sekali.
Nah pastinya banyak banget nih yang punya masalah kaya gini, ya termasuk admin disinipun sering mengalaminya. Terkadang kita sering menunda-nunda pekerjaan yang sebenernya penting buat hidup kita. Atau kita semua sering mengerjakan suatu pekerjaan itu diakhir waktu tenggang yang sudah dikasih, yaa jadinya malah ditunda-tunda deh.
Entah itu menunda-nunda pekerjaan, ngerjain tugas, olahraga dan lainya. Padahal sebenernya perilaku tersebut itu bisa dibilang ngga baik kalo keterusan dan pada akhirnya akan menjadi kemungkinan hasil kerja kita ngga akan maksimal.
Penyebab tentang hal menunda-nunda pekerjaan bisa beragam akan tetapi yang paling umum penyebabnya adalah rasa malas. Terus bagaimana sih cara mengatasi rasa malas dan melawan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan?
Bagaimana Cara mengatasi rasa Malas?
Naah kali ini gobligs akan membahas sedikit tentang salah satu prinsip yang untuk mengatasi dan melawan rasa malas yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Berbicara tentang rasa malas, mungkin kita harus belajar nih dari negara yang anti banget dengan yang namanya rasa malas yaitu negara Jepang
Negara jepang dikenal dengan etos kerjanya yang baik dan orangnya yang disiplin. Nah ternyata dinegara Jepang sejak kecil dilatih untuk punya prinsip tertentu. Dilatih untuk mengulang berbagai macam rutinitas kecil yang positif setiap harinya dan pada akhirnya rutinitas ini membudaya dan mereka pake terus sampai mereka dewasa.
Jadi pas mereka sudah dewasa mereka menjadi pribadi yang disiplin dan gak males-malesan deh. Konsep tentang rutinitas ini akhirnya diberi nama teknik KAIZEN.
Apa itu Kaizen?
Dari segi bahasa kata Kaizen diambil dari dua suku kata "Kai" yang artinya "Berubah" dan "Zen" artinya "Kebijaksanaan". Nah dari dua suku kata tersebut menciptakan satu makna yang artinya adalah Perubahan dalam hidup bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan.
Prinsip Kaizen ini juga dikenal dengan prinsip 1 Menit karena prinsip ini melatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam satu menit setiap harinya di waktu yang sama.
Misalnya kamu mau belajar main gitar, tinggal kamu coba aja dalam waktu 1 menit dalam sehari dan kamu lakuin hal tersebut setiap hari diwaktu yang sama.
Karena prinsip ini sangat sederhana, kamu bisa lakukan prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari misalnya membaca, menulis, ngerjain tugas dan apapun itu. Tapi dengan catatan kamu melakukannya dengan fokus.
Sense Of Progress
Menariknya prinsip 1 menit ini akan melatih kamu untuk lebih bertanggung jawab. Karena ketika kamu berhasil menjalani dengan 1 menit itu, ini akan membuat perasaan kamu lebih baik karena sudah berhasil menyelesaikan suatu hal dengan tuntas.
Dan perasaan tersebut bikin kamu ketagihan karena sudah bertanggung jawab dengan tugas yang kamu punya dan kamu sudah menyelesaikan tugas itu. Karena bikin ketagihan dalam 1 menit itu kemungkinan bisa bertambah setiap harinya dan akan terus ketagihan dihari-hari setelahnya.
Konsisten
Akan tetapi kembali lagi kepada diri sendiri kamu harus konsisten agar menjadi kebiasaan.
Sekilas memang prinsip ini sangat meragukan dan ngga efekrif sekali tapi, Kalo usaha yang dilakukan terlalu keras dan gak rutin akan menghabiskan tenaga kamu dan bakal membuat kamu lebih cape yang akhirnya kamu jadi MALAS dan lama kelamaan kamu bakal bosan.
Jadi dalam prinsip ini perubahan dalam hisup itu bisa dicapai secaara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan jadi mendingan sedikit tapi rutin dari pada seabrek-abrek sekaligus. Menariknya lagi kalo kamu rutin mempelajarinya setiap hari, dan mengulang sesuatu kamu bakal lebih menguasai hal yang kamu pelajari dan gak mudah lupa.
Dilansir dari "satu persen" Menurut penelitian yang dilakukan olah Hermann Ebbinghaus salah satu psikolog dari Jerman. Dalam penelitiannya dia mempelajari tentang memori dan kemampuan mengingat. Kemampuan mengingat seseorang akan menurun drastis jika mendapat informasi hanya sekali dan seabrek-abrek, apalagi jika tidak pernah di review atau diulang-ulang.
Akan tetapi ada pengecualian, jika kamu melakukan Repetisi atau ketika kamu mencoba mengulang kembali materi yang udah kamu pelajari, bukan sajakamu akan lebih mengerti tetapi informasi yang kamu simpan diotak akan nempel. jadi ngga bakal hilang materi yang kamu pelajari.
Secara tidak langsung prinsip Kaizen ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Hermann Hebinghaus ini. Ketika kamu melakukan suatu hal secara tidak langsung hal tersebut akan menjadi kebiasaan. Prinsip Kaizen ini bisa dilakukan oleh siapapun dalam kehidupan apapun.
Akhir kata
demikianlah artikel tentang cara mengatasi rasa malas dan sering menunda-nunda pekerjaan yang dapat kalian lakukan dirumah. Hal tersebut dapat berhasil jika kita mampu konsisten dan fokus dalam menjalankannya. Semoga bermanfaat
Post a Comment for "Cara mengatasi sifat malas dan sering menunda-nuda pekerjaan"